Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Direction

Menu Style

Cpanel

Pelayanan Bidang Pendidikan dan Pelatihan

 

Tugas : Melaksanakan urusan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai.

 

Fungsi :

 

  1. Penyusunan pendidikan dan pelatihan pegawai;
  2. Pengelolaan administrasi pendidikan dan pelatihan kepemimpinan teknis dan fungsional, pendidikan formal, latihan prajabatan dan ujian dinas bagi pegawai;
  3. Pelayanan administrasi dan fasilitas pegawai yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam ikatan dinas/tugas belajar serta pemberian ijin belajar dan tugas belajar;
  4. Pelaksanaan evaluasi dan analisa kebutuhan pendidikan dan pelatihan pegawai;
  5. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dilingkungan Pemerintah Daerah;
  6. Pelaksanaan ujian dinas pegawai untuk kenaikan pangkat dan penyesuaian ijasah;
  7. Pelaksanaan dan penyusunan perpustakaan pendidikan dan pelatihan pegawai; dan
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

 

Pelayanan Bidang Kepangkatan dan Mutasi

 

Tugas : Melaksanakan urusan kepangkatan dan mutasi

 

Fungsi :

 

  1. Pengelolaan administrasi kepegawaian untuk proses kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil;
  2. Pengelolaan administrasi kepegawaian untuk proses kenaikan gaji berkala;
  3. Pelaksanaan proses administrasi pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dan dan/atau dari jabatan;
  4. Pelaksanaan proses administrasi perpindahan Pegawai Negeri Sipil dari Kabupaten/Kota, Provinsi dan pusat atau sebaliknya;
  5. Pelaksanaan proses administrasi pengangkatan dan penempatan pegawai;
  6. Pelaksanaan proses administrasi pemberhentian pegawai, penetapan pensiun, gaji dan tunjangan pegawai ; dan
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan Kepegawaian sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

 

 

 

Pelayanan Sekretariat

Tugas : Melaksanakan urusan umum, perlengkapan,  kepegawaian, program, perencanaan dan keuangan

      Fungsi :

  1. Pengelolaan surat menyurat kearsipan serta pembinaan ketatalaksanaan;
  2. Pengelolaan urusan rumah tangga, perlengkapan dan inventaris kantor;
  3. Penyusunan rencana kebutuhan perlengkapan dan peralatan serta pelaksanaan keamanan dan kebersihan kantor;
  4. Pelaksanaan proses kedudukan hukum pegawai, upaya peningkatan kesejahteraan pegawai dan karier pegawai;
  5. Penyiapan dan mengolah data penyusunan program dan perencanaan;
  6. Pengkoordinasian dan penyusunan perencanaan program kegiatan dan pelaporan;
  7. Penyusunan rencana anggaran, pengelolaan keuangan serta pertanggung jawaban pelaksanaannya; dan
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

 

Bidang Pengembangan dan Kesejahteraan Pegawai

 Tugas : Melaksanakan urusan pengembangan dan kesejahteraan pegawai

       Fungsi :

  1. Pengelolaan sistem informasi kepegawaian dan pengelolaan data pegawai untuk perencanaan pengembangan dan kesejahteraan pegawai;
  2. Penyusunan formasi dan daftar kebutuhan pegawai;
  3. Penyelenggaraan proses pengadaan dan penetapan Calon Pegawi Negeri Sipil;
  4. Pelaksanaan program dan petunjuk pembinaan mental pegawai;
  5. Penyelenggaraan segala sesuatu yang berkenaan dengan kedudukan hukum pegawai;
  6. Pelaksanaan program dan kegiatan untuk peningkatan kesejahteraan pegawai; dan
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

 

DATA UMUM BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

Berangkat dari keberadaan suatu lembaga di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan serta dalam rangka melaksanakan Peraturan Daerah Kabupaten Pamekasan Nomor 15 Tahun 2008 tentang Struktur Organisasi yang baru dimana salah satu Lembaga Teknis Daerah yang terbentuk adalah Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pamekasan.

 PNS sebagai salah satu unsur Aparatur Negara mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menyelenggarakan tugas-tugas Pemerintahan dan Pembangunan sehingga dalam hal ini PNS yang mampu memainkan peranan antara lain dapat dilihat dari sikap dan prilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada Negara, bermental baik, berkualitas tinggi, sadar akan tanggungjawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Penataan Organisasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dengan diberlakukannya Otonomi Daerah sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 dan diilhami oleh Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1999 yang merupakan komponen pendukung terciptanya Otonomi Daerah, sehingga dengan demikian semua kegiatan banyak dilakukan di daerah termasuk masalah Pegawai Negeri Sipil.

 Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pamekasan ditetapkan dengan maksud agar lembaga ini dapat membentuk aparatur yang profesional, bertanggung jawab dan dapat memenuhi tugas-tugas pemerintah dalam melaksanakan pengolahan administrasi kepegawaian, penyusunan pedoman dan petunjuk pembinaan, kesejahteraan pengembangan kepegawaian, mutasi pegawai serta pendidikan dan pelatihan pegawai di Kabupaten Pamekasan.

 Sedangkan tujuannya adalah meningkatkan kualitas pelayanan yang prima kepada semua PNS, mewujudkan PNS yang bersih dan bertanggung jawab, meningkatkan kesejahteraan PNS serta tertib administrasi.